makanan khas jawa barat


Beragam Aneka Makanan Khas Jawa Barat

Halo teman bagaimana kabarmu hari ini? Mudah-mudahan dalam kondisi sehat selalu. Berbicara tentang makanan khas dari Jawa Barat, pria asal Provinsi Jawa Barat telah dikenal secara luas. Tapi itu bukan berarti kita hanya berbicara tentang Jawa Barat ,tapi juga bisa didaerah lain mempunyai makanan yg khas.Sehingga semua orang di Indonesia yang makanan Indonesia lebih beraneka ragam, warna dan rasa. Dalam artikel ini mengeksplorasi makanan khas daerah Jawa Barat.
Menurut para ahli, eh penggemar makanan, karakteristik makanan Jawa Barat adalah rasa pedas. Memperbaikinya? Ini adalah ciri khas yang dimiliki oleh masakan Jawa Barat adalah rasa pedas. Buat sobat ketagihan dan senang dengan makanan pedas, cocok nih. Mengapa makanan Sunda ini identik dengan rasa pedas? Mungkin teman saya yang tinggal di Bandung dan sekitarnya dapat memberitahu saya? Oke kita deh, Jawa Barat identik dengan udara yang sejuk dan dingin, musim kemarau terutama pada musim hujan. Nah untuk menghangatkantubuh cabai digunakan sebagai pemanas alami.
Tapi untuk teman saya yang tidak suka pedas dengan makanan sunda, ada juga makanan dari daerah ini yang tidak pedas seperti dari Parahyangan yaitu termasuk misal nya peyeum yang rasanya manis, Cilembu, dan mochi.
ciri khas karakteristik resep makanan Sunda di buat dengan cara kreatif. Tidak percaya? Di sini kita menunjukkan, daun genjer dianggap kebanyakan orang tidak bisa digunakan sehingga dibuang karena dianggap sebagai tanaman spam, di Jawa Barat dapat digunakan sebagai bahan utama masakan sayuran. Bahan-bahan lain yang dapat dianggap menguntungkan seperti keong (Tutut) dan lain-lain.
Berikut makanan khas Jawa Barat di antara nya :

1.Batagor Dan Somay

batagor dan siomay makanan khas jawa barat
Siapa yang tidak kenal dengan batagor, bahkan anak-anak TK akan ingat batagor dan siomay. Batagor dan pangsit sudah sangat terpapuler bukan hanya untuk anak sekolah, sampai hotel dan restoran menjadi terkenal karena batagor sebagai hidangan utama mereka. Dan yang paling menarik, batagor dan siomay adalah salah satu spesialisasi dari Jawa Barat, berasal dari daerah pasundan (Bandung). Batagor bukan nama sebenarnya karena batagor adalah nama disingkat bakso tahu goreng. Batagor dibuat dengan tahu yang telah melunak dan diisi adonan yang terbuat dari ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka bola kemudian dibentuk dan digoreng dalam minyak panas sampai matang. Pangsit pangsit mirip dengan batagor, masing-masing terbuat dari ikan tenggiri, tapi bagaimana memasak adalah dengan dikukus. Pangsit juga dapat goreng untuk variasi lain. Batagor dan pangsit disajikan menggunakan kacang ditambah kecap dan saus tomat. silahkan mencoba sobat, dijamin untuk menambah porsinya. Beberapa kedai terkenal pangsit nya batagor serta Batagor Haji Isan ( pedangan pertama kali batagor Bandung), batagor yunus,batagor riri, batagor Burangrang, batagor Darto, batagor raja, batagor beruntung dan batagor kingsley.

2.Empal Gentong

empal-gentong makanan khas jawa barat terenak
Empal gentong adalah makanan khas dari Jawa Barat yang berasal dari Cirebon. Dinamakan empal gentong tempat untuk menaruh air kuah adalah semacam kuali dan lebih dikenal sebagai gentong, maka di sebut istilahnya empal gentong. Jika dilihat sepintas, mirip dengan kari empal gentong. Untuk rasa alami, proses memasak menggunakan kayu bakar terutama pohon kayu mangga menggunakan per gentong yang tadi. Rasanya pun sangat lezat, karena bahan utamanya adalah daging sapi empal gentong, usus dan babat. karakteristik khas Jawa Barat adalah sambalnya yang pedas. Untuk menikmati empal gentong bisa dengan nasi atau lontong juga.Empal gentong yang paling terkenal adalah empal gentong Mang Darma Krucuk, alamat tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No 5 Cirebon. ada cerita menarik yang nyata tentang mahasiswa dari universitas bergengsi di Yogyakarta, yaitu UGM membuat empal gentong sebagai perguruan tinggi bisnis. Dan pas kelulusan, gerobak yang digunakan untuk perdagangan yang dibawa ke kampus untuk membawa dia untuk sukses di kampus.Mantap banget.

3.Sega Lengkong

sego nasi-lengko makanan khas jawa barat
sego nasi-lengko makanan khas jawa barat
Sega Lengko (beras Lengko) adalah makanan khas pada daerah utara Jawa Barat seperti Cirebon dan Indramayu. masakan daerah Jawa Barat kaya akan protein, serat dan rendah kalori. Lebih baik lagi adalah non-hewani, jadi untuk teman saya yang vegetarian, sega Lengko mungkin cocok. Bahan-bahan untuk membuat sega Lengko di antaranya nasi putih (pas anget lebih baik), tahu goreng, tempe goreng, mentimun (mentah, cincang segar), daun kucai (di iris), tauge (direbus), bawang goreng, bumbu resep kacang (seperti bumbu sambel), dan kecap manis (berkuah).

4.Cireng

makanan khas jawa barat cireng
makanan khas jawa barat cireng
Seperti batagor, cireng juga berdiri dari singakatan aci yang di goreng, mungkin ciri makanan Jawa Barat lebih khas di penamaan yang di singkat-singkat.hehehe . Seperti namanya aci goreng atau cireng yang terbuat dari tepung tapioka dibumbui dan kemudian digoreng. Bahan untuk membuatnya seperti tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica, bawang putih, kedelai daun bawang dan minyak goreng. Sekarang begitu banyak jenis dan rasa cireng. Jika cireng pertama hanya satu rasa, sekarang beraneka ragam misal nya ada rasa ayam, daging sapi, bakso, sosis, hingga keju dan ayam teriyaki .

5.Ayam Bukakak

ayam bukakak makanan khas jawa barat
ayam bukakak makanan khas jawa barat
Bagi mereka yang belum tahu tapi pernah mendengar nama Hayam bukakak makanan khas Jawa Barat, berarti bahan yang terbuat dari ayam proses memasak khusus di panggang dan di bumbui. Jika biasanya ayam panggang disajikan dalam bentuk potongan, dadanya sendiri, paha sendiri, kepalanya sendiri. Hayam bukakak dimasak ayam utuh, hanya dibuang bagian jeroannya saja, sehingga untuk menikmatinya butuh banyak orang yang akan menghabiskannya. Ya, sambelnya pun bisa menggunakan sambel Jawa Barat yang khas, bisa dengan sambal merah atau dengan sambal hijau (sambal beledug).

6.Cumi Hideung

Cumi Hideung Makanan khas jawa barat tradisional
Cumi Hideung Makanan khas jawa barat tradisional
Satu makanan ini juga makanan khas dari Jawa Barat mungkin banyak orang tidak tahu tentang cumi Hideung ini. Cumi Hideung masakan khas tradisional sunda bahan utama terbuat dari cumi-cumi. Hideung sendiri dalam bahasa Indonesia berarti hitam, Hideung warna cumi cumi karena dimasak sekaligus dengan tinta hitam jadi cumi tersebut berubah hitam. Itu, waw .. pasti lezat dan nikmat. Cobalah hay sobat, ingin menjadi lauk pauk dan juga dapat dimakan tanpa nasi.

7.Karedok

karedok makanan khas jawa barat
karedok makanan khas jawa barat
Karedok adalah makanan yang ter kenal dengan ke khasannya di Jawa Barat yang dibuat dengan sayuran mentah. Jika teman teman pernah makan gado-gado, bumbu hampir sama dengan gado-gado tetapi satu-satunya perbedaan adalah sayuran hanya mentah jika gado gado sayurannya di rebus terlebih dahulu. Apa saja sayuran dapat dibuat karedok, tapi umum kacang panjang, terung bulat, kubis, kecambah, mentimun dan daun kemangi. Bumbu sendiri seperti cabai merah, kencur, bawang putih, kacang goreng, air asam, gula, garam dan terasi.

8.Kerupuk Miskin Atau Melarat

kerupuk miskin makanan khas jawa barat dari cirebon
kerupuk miskin makanan khas jawa barat dari cirebon
kerupuk miskin merupakan kerupuk khas Cirebon. Mengapa di sebut kerupuk miskin atau melarat? Karena kerupuk miskin terbuat dari tepung aci (tapioka), ternyata dalam pengolahannya tidak menggunakan minyak goreng tetapi menggunakan pasir dipanaskan sehingga disebut kerupuk miskin. Tapi jangan khawatir pasir menempel pada kerupuk, pasir secara otomatis akan terlepas dengan sendirinya jika sudah matang dan berkembang. Makanan khas dari Jawa Barat adalah yang paling pas disajikan dengan sambal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKANAN KHAS WAKATOBI

Makanan kha Jawa Tengah